Sukses Bisnis Bakery Bagi Pemula

usaha bakery bagi pemula5 Kiat Sukses Bisnis Bakery Bagi Pemula, Perlu Dicoba! – Jika membicarakan bisnis kuliner memang tak pernah ada habisnya. Berbagai jenis makanan baru selalu hadir meramaikan wisata kuliner. Mulai dari cemilan, kue, makanan besar hingga minuman semua laris manis diburu para konsumen.

Dari berbagai jenis makanan baru yang banyak dijajakkan di Indonesia, bisnis bakery merupakan salah satu yang paling maju. hal ini terjadi lantaran tingginya daya konsumsi masyarakat terhadap berbagai jenis kue yang dijajakan.

Tak hanya itu, potensi keuntungan bisnis bakery juga bisa dikatakan cukup besar, sehingga tak heran jika banyak pembisnis yang memutuskan untuk terjun ke sektor bisnis ini.

Nah bagi Anda yang terhitung masih baru dalam dunia bisnis bakery, berikut ini adalah kiat sukses menjalankan bisnis menjanjikan ini.

[1]. Pilih Jenis Kue yang Ingin di Jual
Sebelum mulai menjalankan bisnis, pastikan Anda sudah tahu produk/kue apa yang hendak dijual. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika sekarang ini begitu banyak jenis kue yang dipasarkan di Indonesia. Jadi Anda pun harus memilih jenis kue apa sih yang cocok untuk Anda jual?

Setelah menentukan jenis kue yang hendak dibuat, kuasai skill untuk memproduksi kue tersebut. Jikapun Anda ingin menjual berbagai jenis kue seperti di Velavinka Bakery, maka Anda pun harus menguasai teknik pembuatan seluruh kue yang ingin dijual tersebut.Penguasaan skill produksi ini sangat penting untuk memastikan kualitas kue yang Anda jual nantinya.

[2]. Siapkan Alat Selengkap Mungkin
Untuk bisa membuat kue yang lezat dan sempurna, Anda membutuhkan alat yang tidak sedikit, mulai dari mixer, loyang, oven dan peralatan pendukung lain. Semua alat yang dibutuhkan sudah harus tersedia dengan lengkap, sehingga tak ada lagi kendala pada proses produksi.

[3]. Pilih Kemasan Semenarik Mungkin
Selain dari rasa, pembeli juga akan menilai produk dari tampilan atau kemasannya. Ketika sebuah produk dikemas dengan cantik, maka akan lebih mudah menarik minat calon pembeli. Oleh sebab itu, wajib bagi Anda untuk membuat kemasan semenarik mungkin. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin mulai bisnis bakery ini via online, maka tampilan produk adalah hal utama yang perlu diperhatikan.

Pemilihan kemasan yang menarik bukan hanya dari jenis bungkus atau kemasannya saja, namun juga dari desain kemasan tersebut. Seperti motif pada kemasan, warna dan detail kecil lainnya.

[4]. Lakukan Food Testing
Setelah menguasai skill pembuatan produk, Anda masih tetap harus melakukan food testing atau icip-icip pada calon konsumen. Meskipun terkesan akan ‘merugikan’ bisnis Anda, namun hal ini penting dilakukan untuk mengecek bagaimana rasa dari kue yang Anda jual.

Perlu diingat jika disini yang Anda butuhkan adalah penilaian baik dari calon konsumen, sehingga food testing dilakukan pada yang bersangkutan. Setelahnya, jangan lupa minta pendapat sebagai bentuk masukan yang membangun.

[5]. Marketing
Tips terakhir yang tak kalah pentingnya adalah marketing atau cara menjual. Mengingat produk yang Anda jual adalah produk yang rentan rusak dan tidak tahan lama, maka carilah pasaran yang mudah terlebih dahulu.

Anda bisa memulai dari lingkup yang paling sempit, semisal di lingkungan sekitar terlebih dahulu kemudian mencoba menitipkannya pada toko roti/warung. Kemudian setelah modal yang Anda miliki sudah cukup baru masuk pada lingkup pasar yang lebih luas, seperti membuka toko kue sendiri.

Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis bakery via online pun bukan keputusan yang buruk. Namun perlu diingat jika tak semua jenis kue cocok dijual secara online, hanya jenis kue keringlah yang recommended untuk dijual online. Seperti jual roti tawar bandung, roti manis dan lain sebagainya.

Itulah tips-tips penting yang perlu Anda perhatikan untuk bisa sukses dalam bisnis bakery. Selamat mencoba dan semoga sukses ?